pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Adalah, Ciri-Ciri dan Faktor yang Mempengaruhi

Posted on

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi – Salah satu indikator keberhasilan pembangunan perekonomian suatu negara adalah pertumbuhan ekonomi.

Perkembangan sebuah perekonomian dapat ditentukan oleh tingginya pertumbuhan yang dapat digambarkan dengan perubahan output nasional.

Pertumbuhan ekonomi dapat di definisikan sebagai upaya peningkatan produksi dalam rangka mencapai penambahan output yang dapat dihitung dengan menggunakan Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada satu wilayah.

Adanya peningkatan kapasitas tersebut dapat dimungkinkan adanya kemajuan atau penyesuaian teknologi, institusional dan ideologi terhadap semua keadaan yang ada.

Secara umum, pengertian pertumbuhan ekonomi dapat di artikan sebagai sebuah proses yang dapat menyebabkan kenaikan pendapatan riil perkapitan penduduk negara pada jangka panjang yang dapat disertai dengan perbaikan sistem kelembagaan.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian pertumbuhan ekonomi menurut para ahli :

Budiono

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Budiono (1994) adalah suatu proses pertumbuhan output per kapita jangka panjang yang terjadi bila terdapat output yang bersumber dari proses intern ekonomi itu sendiri dan bersifat sementara.

Hal ini berarti bahwa pertumbuhan itu bersifat self generating yang bisa menghasilkan kekuatan dan momentum untuk kelangsungan pertumbuhan ekonomi pada periode selanjutnnya.

Adam Smith

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith adalah perubahan tingkat ekonomi sebuah negara yang berlandaskan pada pertambahan penduduk.

Dengan terjadinya perkembangan penduduk ini maka hasil dari sebuah negara akan ikut bertambah juga.

Prof. Simon Kuznets

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznets adalah kenaikan kapasitas jangka yang panjang dalam suatu negara untuk menyediakan berbagai barang ekonomi pada penduduknya.

Baca juga | Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu hal penting dalam kehidupan perekonomian adalah perkembangan ekonomi modern.

Menurut Prof. Simon Kuznets terdapat 6 (enam) ciri-ciri pertumbuhan ekonomi yang muncul di dalam analisa yang didasarkan pada produk nasional serta komponennya, penduduk, tenaga kerja, dsb.

Adapun ciri-ciri pertumbuhan ekonomi adalah :

1. Laju pertumbuhan penduduk dan produk perkapita yang pesat.

Berdasarkan dari pengalaman negara maju sejak akhir abad ke-18 atau pada awal abad ke-19, pertumbuhan ekonomi modern dapat di tandai dengan adanya kenaikan produk perkapita yang disertai dengan adanya pertumbuhan penduduk yang pesat.

Peningkatan yang luar biasa tersebut, setidaknya sebesar lima kali perkembangan  penduduk dan sedikitnya sepuluh kali untuk produksi.

2. Munculnya Kenaikan produktivitas

Ciri-ciri Pertumbuhan ekonomi dapat terlihat dengan adanya kenaikan produk perkapita terutama akibat dari perbaikan kualitas input yang dapat meningkatkan efisiensi atau produktivitas perunit input.

Hal ini terlilat dari meningkatnya besaran masukan sumber daya manusia dan modal dan adanya kenaikan efisiensi atau keduanya.

Dengan adanya efisiensi dapat diartikan bahwa pemanfaatan output yang lebih besar disetiap unit input.

Kuznets menjelaskan bahwa peningkatan produktivitas dapat menjelaskan hampir semua pertumbuhan produk perkapita dinegara maju.

Walaupun terdapat beberapa penyesuaian untuk menampung biaya dan input yang tersembunyi.

Perkembangan produktivitas tetap dapat menjelaskan lebih dari setengah perkembangan dalam pertumbuhan perkapita.

Perubahan Struktural yang tinggi.

Laju perubahan struktural pada perkembangan ekonomi modern dapat meliputi peralihan dari aktivitas pertanian kepada non pertanian atau dari industri ke dalam bidang jasa dan perubahan skala unit produktif, dll.

4. Urbanisasi

Pertambahan penduduk dinegara maju akibat perpindahan penduduk dari pedesaan ke daerah perkotaan merupakan salah satu tanda perkembangan ekonomi atau sering disebut dengan urbanisasi.

Secara umum, urbanisasi adalah produk dari industrialisasi karena timbulnya usaha non agraris sebagai akibat dari perubahan teknologi sehingga terjadi perpindahan penduduk atau tenaga kerja secara besar-besaran dari daerah desa menuju daerah perkotaan.

5. Ekspansi negara maju

Perkembangan negara maju secara umum adalah tidak sama dimana beberapa negara pertumbuhan perekonomian modern terjadi lebih dahulu dibandingkan dengan negara lainnya.

Hal inilah yang mengakibatkan perbedaan latar belakang sejarah dan masa lalu.

6. Arus Barang, Modal dan orang antara barang.

Perputaran barang, modal serta orang-orang antar bangsa semakin meningkat semenjak kuartal ke dua abad ke 19 hingga perang dunia I dan terus berlanjtu hingga akhir perang dunia ke dua.

Namun, sejak awal tahun 50-an terjadi kenaikan arus barang, modal dan orang antar bangsa.

Baca juga | Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

pertumbuhan perekonomian sebuah negara dapat berkembang dengan pesat namun terkadang beberapa negara lainnya tidak mengalami perkembangan.

Terkadang perekonomian suatu negara dapat berkembang dengan sangat cepat namun juga terkadang berkembang dengan lambat.

Hal tersebut dapat disebabkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, yaitu :

1. Barang Modal

Pengertian barang modal adalah barang yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa (output) seperti peralatan, mesin pabrik, dll.

2. Teknologi

Selain barang modal, faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi adalah perkembangan teknologi.

Pada saat ini, kemajuan ekonomi suatu negara dapat tergambar dari tingkat kemajuan teknologi.

3. Tenaga Kerja

Pada saat ini, tenaga kerja di negara yang sedang berkembang masih menjadi faktor yang paling mempengaruhi paling dominan.

Jumlah penduduk yang besar dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja yang tersedia.

Dengan bertambahnya tenaga kerja ini maka dapat memungkinkan negara tersebut dapat menambah jumlah produksi.

Tentunya hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian negara bersangkutan.

4. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber Daya Alam (SDA) dapat di definisikan sebagai semua yang tersedia di alam seperti hasil hutan, hasil tambang,, tanah, iklim, dll.

Seluruh SDA tersebut dapat digunakan oleh manusia dalam upayanya untuk mencapai kemakmuran.

Dengan adanya sumber daya alam ini dapat mempermudah upaya untuk membangun perekonomian sebuah negara.

5. Manajemen

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat berkembang dengna cepat apabila terdapat pengelolaan yang baik.

Dengan pengelolaan y ang baik ini maka seluruh potensi yang tersedia seperti Sumber Daya Alam dapat dikelola dengan baik sehingga dapat mendorong perkembangan ekonomi suatu negara.

6. Kewirausahaan

Definisi kewirausahaan adalah individu yang mampu dan berani untuk mengambil segala risiko dalam upayannya untuk mendapatkan keuntungan.

Seorang wirausahawan dapat berguna dalam memajukan perekonmian yang telah terbukti dari masa kemasa.

Wirausahawan atau enterpreneur bisa melakukan investasi yang tentunya akan memperluas kesempatan kerja, meningkatkan output nasional serta meningkatan pendapatan negara.

7. Informasi

Salah satu syarat yang penting agar pasar dapat memiliki fungsi sebagai alat alokasi sumber daya ekonomi yang efisien adalah informasi yang tepat dan seimbang.

Dengan adanya informasi tersebut dapat menunjang perkembangan ekonomi karena para pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan atas dasar informasi yang cepat dan akurat.

Demikianlah pembahasan tentang Pertumbuhan Ekonomi Adalah, Ciri-Ciri dan Faktor yang Mempengaruhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *