prinsip manajemen keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Di Ketahui

Posted on

Prinsip Manajemen Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan – Di dalam menjalankan manajemen keuangan maka kita harus memperhatikan sejmlah prinsip.

Prinsip-prinsip manajemen keuangan ini memerlukan tekanan agar dapat berjalan dengan efektif.

Berikut adalah beberapa prinsip manajemen keuangan, yaitu :

1. Transparansi

Pengertian transparansi adalah keterbukaan dan transparansi dibidang manajemen adalah keterbukaan dalam mengelola kegiatan manajemen.

Sebuah perusahaan harus transparan terkait dengan pekerjaan dan penyediaan informasi yang terkait dengan rencana dan aktivitasnya terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.

Hal ini terkait dengan penyiapan laporan keuangan yang akurat, lengkap serta tepat waktu dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak yang berkepentingan dan penerima manfaat.

Bila perusahaan sudah tidak terbuka terhadap hal ini maka dapat menggambarkan bahwa terdapat sesuatu hal yang disembunyikan.

Baca juga | Pengertian Manajemen Keuangan, Tujuan Dan Prinsip-prinsip Dasarnya

2. Akuntabilitas

Pengertian Akuntabilitas merupakan kondisi dimana individu yang dapat di nilai oleh orang lain karena kualitas performanya dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan yang menjadi tanggung jawabnya.

Akuntabilitas pada manajemen keuangan dapat didefinisikan sebagai penggunaan uang yang dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan kata lain, akuntabilitas ini adalah kewajiban moral atau hukum yang melekat pada seseorang, kelompok atau perusahaan atas penggunaan modal, alat atau wewenang yang diberikan dari pihak ketiga.

Baca juga | Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan yang Harus Diketahui

3. Konsistensi

Pada prinsip manajemen keuangan ini, sebuah perusahaan harus dapat menjalankan pendekatan sistem akuntansi yang konsisten dari satu periode ke periode berikutnya didalam menyusun laporan keuangan.

Hal ini harus diterapkan pada perusahaan agar hasil bisa didapatkan dengan mudah dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya.

Dengan demikian perusahaan dapat mengukur perkembangan perusahaan berdasarkan laporan keuangan.

Informasi yang terdapat didalam laporan keuangan juga dapat dimanfaatkan oleh pihak luar perusahaan yang akan ikut terlibat didalam perusahaan.

Oleh sebab itu, penerapan prinsip konsistensi ini dapat memudahkan proses pembandingan informasi perusahaan dan data dapat dijelaskan secara akurat, kohoren dan terpercaya.

4. Integritas

Prinsip integritas adalah prinsip kejujuran dan kepatuhan yang menjadi landasan utama yang harus dimiliki setiap orang yang berada didalam organisasi atau perusahaan.

Integritas setiap individu ini dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi kelangsungan perusahaan.

Orang-orang yang berintegritas tinggi dan konsisten akan dapat menjaga laporan keuangan tetap akurat dan terpercaya.

Kepercayaan ini sangatlah penting untuk dijaga agar perusahaan dapat mempertahankan bisnisnya dan berjalan berkesinambungan.

Baca juga | Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

5. Pengelolaan Keuangan

Prinsip pengelolaan keuangan ini, perusahaan harus dapat selalu mengelola sumber keuangan perusahaan yang ada dengan baik.

Perusahaan juga harus memastikan bahwa sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat memaksimalkan setiap sumber daya yang ada dengan bijak dengan melakukan perencanaan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Perusahaan juga harus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan manajemen perusahaan, mengawasi penerimaan dan pengeluaran perusahaan serta melakukan evaluasi terhadap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

6. Standar Akuntansi

Prinsip Manajemen Keuangan ini adalah pedoman untuk perusahaan dalam menyusun laporan keuangan seperti cara perusahaan mempersiapkan bisnis, biaya, aset atau liabilitas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Di dalam pencatatan atau penyimpanan dokumentasi keuangan perusahaan harus memperhatikan dan menjalankan standar akuntansi yang dapat diterima dan berlaku secara umum.

Hal ini penting untuk diterapkan karena informasi atau laporan keuangan tersebut dapat mudah untu dimengerti oleh pihak-pihak yang terkait.

7. Kelangsungan Hidup

Kelangsungan hidup perusahaan dapat di nilai dari keberlangsungannya dalam jangka yang panjang serta kemampuannya dalam mempertahankan keuntungan selama periode tertentu.

Perusahaan harus terus memperhatikan keamanan serta pengelolaan perusahaan agar dapat mempertahankan tujuan perusahaan.

Perusahaan harus dapat mempersiapkan perencanaan keuangan yang dapat menggambarkan perusahaan dapat menjalankan strateginya dan memenuhi kebutuhan keuangannya.

8. Efektivitas

Istilah efektif sering didefinisikan sebagai pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sedangkan efektivitas lebih di tekankan pada kuantitatif outcomes.

Prinsip efektivitas dapat terpenuhi didalam manajemen keuangan apabila kegiatan yang dijalankan dapat mengatur keuangan untuk membiayai kegiatan untuk mencapai tujuan perusahaan dan kualitatif outcomes-nya sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

9. Efisiensi

Definisi efisiensi adalah perbandingan terbaik antara input dan ouptut atau antara daya dan hasil.

Daya ini dapat terdiri dari dengan pikiran, tenaga, waktu dan biaya.

Perbandingan kedua hal tersebut dapat terlihat dari :

a. Penggunaan waktu, tenaga dan biasa

Sebuah aktivitas dapat dikatakan efisien bila penggunaan waktu, tenaga dan pikiran kecil namun dapat mencapai hasil yang telah ditetapkan.

b. Di lihat dari segi hasil

Sebuah kegiatan dapat dikatakan efisien bila penggunaan waktu, tenaga dan biaya tertentu dapat mencapai hasil yang maksimal baik secara kualitas maupun kuantitas.

Tingkat efisiensi dan efektivitas yang maksimal dapat memungkinkan berjalannya pelayanan yang memuaskan dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara maksimal dan bertanggung jawab.

Demikianlah pembahasan singkat tentang prinsip manajemen keuangan yang perlu diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *