proses kewirausahaan

Proses Kewirausahaan dan Proses Pertumbuhan Wirausaha

Posted on

Pada dasarnya di dalam proses kewirausahaan tidak hanya menjalankan kegiatan untuk memecahkan permasalahan di dalam manajemen.

Ketika kita menjadi wirausahawan maka kita harus selalu mencari, mengevaluasi dan mengembangkan peluang yang ada dengan mengatasi sejumlah tantangan untuk berinovasi dan berkreasi.

Proses Kewirausahaan

Proses kewirausahaan memiliki 4 (empat) tahapan khusus, yaitu :

a.Indentifikasi dan evaluasi peluang yang tersedia

Mengevaluasi peluang adalah bagian terpenting dan vital didalam proses kewirausahaan karena seorang wirausahawan bisa memprediksi apakah produk atau jasa yang dihasilkan dan juga mengidentifikasi peluang usaha yang ada.

b. Mengembangkan bisnis

Ketika membuat dan menyusun perencanaan bisnis, sangatlah penting untuk memahami persoalan inti yang terdapat didalammnya.

Berbagai karakteristik dan luasnya segmen pasar, syarat produksi, rencana keuangan, rencana manajemen, dll.

c. Sumber daya yang dibutuhkan

Sumber daya yang di butuhkan untuk merealisasikan peluang yang ada maka harus dimulai dari penilaian sumber daya yang dimiliki.

Beragam sumber daya yang dimiliki ini tidak hanya mengidentifikasi suplier sumber daya tapi juga kebutuhan dan keinginan mereka.

Dengan memahami kebutuhan pada suplier sumber daya maka wirausahawan akan dapat membuat persetujuan yang memungkinkan untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan dengan harga yang serendah mungkin.

d. Menjalankan manajemen usaha

Setelah wirausahawan mencari sumber daya maka mereka harus mulai menjalankan dan merealisikan rencana bisnis mereka.

Hal ini dapat terdiri dari kegiatan yang menerapkan gaya dan struktur manajemen.

Baca juga | Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Dan Proses Wirausaha

Proses Pertumbuhan Wirausaha

Proses pertumbuhan kewirausahaan pada usaha kecil menurut Suryana memiliki 3 (tiga) ciri-ciri penting :

1. Imitasi dan duplikasi

Pada tahapan imitasi dan duplikasi, wirausahawan dapat meniru ide orang lain seperti memulai usaha dengan meniru usaha orang lain.

Mereka dapat mencoba untuk membuat barang atau jasa dengan meniru produk yang sudah ada atau juga meniru teknik produksi desain, strategi pemasaran, dll.

2. Duplikasi dan pengembangan

Tahapan wirausaha selanjutnya adalah duplikasi dan pengembangan dimana wirausahawan akan mengembangkan ide-ide barunya.

Selain itu, wirausahawan mulai untuk mengembangkan strategi pemasaran sendiri walau terkadang di dalam tahapan ini perkembangan usaha akan cenderung melambat dan kurang dinamis.

Baca juga | Karakterisitik Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Pengusaha

3. Menciptakan barang dan jasa baru sendiri yang berbeda.

Setelah proses wirausaha telah melalui tahapan duplikasi dan pengembangan maka proses selanjutnya mereka akan melalui tahapan menciptakan produk sendiri dan berbeda dari ide sendiri.

Pada tahapan ini biasanya seorang wirausahawan tidak puas dengan produk yang sudah ada dan mulai ingin memasarkan produk yang memiliki keunggulan dibandingkan produk yang lain.

Produk-produk yang mereka ciptakan dapat berasal dari pengamatan pasar, kebutuhan konsumen ataupun keinginan untuk menjadi penantang pasar atau penguasa pasar.

Demikianlah pembahasan tentang Proses Kewirausahaan dan Proses Pertumbuhan Kewirausahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *