proses riset pasar

Proses Riset Pasar Dengan Langkah Paling Mudah

Posted on

Pada dasarnya proses riset pasar merupakan langkah-langkah untuk mendapatkan pengetahuan mengenai target pasar diidentifikasi dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa layanan.

Masih banyak orang yang menganggap riset pasar membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit sehingga banyak pebisnis yang memotong anggaran pemasaran mereka.

Padahal riset pasar sangat penting bagi proses pemasaran dan tidak harus dilakukan dengan mahal bila anda mengetahui proses riset pasar yang benar.

Peneliti pasar dapat menggunakan berbagai alat dan sumber daya yang penting untuk melakukan penelitian dan analisa pasasr yang ditargetkan.

Baca juga | Pengertian Riset Pasar Dan Cara Melakukan Riset Pasar yang Efekif

Proses riset pasar

Walaupun pada saat ini terdapat banyak cara untuk melakukan proses riset pasar tapi anda harus memilih cara proses penelitian yang memiliki relevansi dengan bisnis anda.

Berikut beberapa langkah-langkah dalam proses riset pasar, yaitu :

1. Mengidentifikasi masalah dan menetapkan tujuan riset pasar

contoh riset pasar

Langkah terpenting dalam proses riset pasar adalah dan memahami dengan jelas tentang masalah dan menentukan tujuan dari penelitian.

Dengan mengidentifikasi masalah dan menentukan tujuan maka anda dapat memahami hal-hal diperlukan dalam penelitian pasar.

Setiap permasalahan yang ada harus segera ditindaklanjuti namun karena kurangnya informasi maka akan membuat anda kesulitan dalam membuat keputusan.

Disinilah pentingnya riset pasar agar dapat memberikan informasi dengan data yang tepat sehingga keputusan yang dibuat dapat tepat.

Dengan menetapkan tujuan dan masalah anda juga bisa membuat proses penelitian dapat tetap fokus dan efektif.

Baca juga | Pengertian Target Pasar dan Cara Menentukan Target Pasar

2. Menentukan desain riset pasar

proses riset pasar adalah

Langkah selanjutnya adalah peneliti harus memutuskan desain atua jenis penelitian yang yang terbaik untuk memperoleh data yang diperlukan.

Pilihlah jenis penelitian yang mendetail atau anda juga dapat memikirkan secara spesifik bagaimana anda akan mengindetifkasi dan memilih sampel anda.

Mereka dapat menggunakan cara yang tepat seperti wawancara dengan kelompok tertentu, menyusun kuisioner yang sempurna atau dengan menentukan sampel penelitian.

Instrumen penelitan dapat anda dasarkan pada sifat data yang akan dikumpulkan.

Ada 3 (tiga) klasifikasi yang harus anda pertimbangkan :

a. Penelitian eksplorasi

Desain penelitan ini digunakan ketika objek, topik, hipotesis tidak dapat didefinisikan dengan baik pengatahuan anda tentang topik tersebut tidak jelas.

Penelitian eksplorasi dapat membantu anda untuk memperoleh wawasan yang luas serta mempersempit fokus anda dan mempelajari dasar-dasar yang dibutuhkan untuk mengali lebih dalam.

Teknik ini dapat meliputi riset sekunder, kelompok tertentu dan wawancara.

Penelitian ini merupakan desain penelitian kualitatif.

b. Penelitan deskriptif

Apabila tujuan penelitan anda adalah mencari data yang terperinci dan mendetail tentang topik tertentu maka jenis penelitian ini sangat tepat untuk anda.

Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk mengukur minat topik tertentu dan biasanya dilakukan secara kuantitatif.

Contoh yang paling umum dilakukan dalam jenis penelitan deskriptif adalah survey.

c. Penelitan kasual

Jenis penelitan yang paling spesifik adalah penelitan kasual dan biasanya dilakukan dalam bentuk uji lapangan atau eksperimen.

3. Pengumpulan data

langkah langkah riset pasar

Ini merupakan tahapan paling penting dari seluruh proses penelitan pasar karena semua data tersebut akan dikumpulkan dicatat.

Terjadinya kesalahan pada tahap ini harus diminimalisasi misalkan pada saat pengumpulan data tidak tersedia responden sehingga mempersulit pencarian data.

Hal ini bisa menyebabkan permasalahan terhadap hasil akhir dan dapat meningkatkan biaya riset karena sulitnya mencari dan mengumpulkan data.

Setiap informasi yang dikumpulan sangat berharga karena akan menjadi bagian dari kesimpulan yang akan diambil oleh peneliti.

Pastikan semua data yang dikumpulkan adalah valid dan dikumpulkan berdasarkan data analitis/ilmiah.

4. Menganalisa dan mempelajari data

tahapan riset pasar

Setelah anda memperoleh data yang diperlukan maka langkah selanjutnya adalah menganalisa dan mempelajari data tersebut.

Jangan pernah melakukan riset pasar hanya berdasarkan asumsi belaka karena bisa anda bisa membuat keputusan yang tidak tepat.

Hal ini akan membuat perusahaan sulit untuk mencapai hasil yang diinginkan sehingga dibutuhkan revisi riset pasar.

5. Mengambil tindakan

tips proses riset pasar

Setelah proses riset pasar dilakukan maka saatnya anda memvisualisasikan hasil riset anda dan mengambil tindakan.

Walaupun proses riset pasar ini telah selesai tapi anda hrus tetap menganalisa data anda secara teratur agar anda dapat melihat bagian yang harus ditingkatkan.

Hal ini dikarenakan tren bisnis akan terus berubah sehingga pola yang telah anda lakukan akan berubah juga.

Selalu lakukan proses riset pasar karena semakin anda memahami pasar maka akan mempermudah strategi pemasaran bisnis anda.

Kesimpulan

Proses riset pasar merupakan bagian terpenting yang harus dilakukan oleh pebisnis atau perusahaan untuk membantu memyusun strategi pemasaran.

Kelima langkah diatas merupakan dasar dari penelitian bagi anda untuk memulai proses riset pasar.

Ketika anda akan memulai bisnis maka jangan pernah menganggap remeh terhadap penelitan pasar.

Alasannya adalah dengan menjalankan proses riset pasar dapat membantu anda untuk membuat keputusan atau strategi bisnis anda.

Demikianlah pembahasan tentang Proses Riset Pasar Dengan Langkah Paling Mudah.

One thought on “Proses Riset Pasar Dengan Langkah Paling Mudah

  1. Riset itu sangat penting, karena jika risetnya benar… maka penentuan produknya akan lebih menyasar target dengan tepat. Hasilnya, kita gak perlu repot-repot cari calon pembeli, karena produk kita udah dimintai pasar sebelumnya.

    Regards, Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *