SEO Copywriting

SEO Copywriting : Konten Yang Disukai Pembaca Dan Mesin Pencari

Posted on

Dasar SEO Copywriting untuk pemula

SEO copywriting merupakan bagian dari tantangan untuk memaksimalkan konten dalam mesin pencari. Pada saat ini algoritma mesin pencari lebih menyukai sebuah konten yang dapat difahami oleh pembacanya.

Dengan SEO dan copywriting maka konten akan berada pada posisi yang layak pada mesin pencari. Hal ini dikarenakan google tidak ingin membuat pengguna mesin pencari mereka kecewa. Oleh sebab itu mereka (google) akan menawarkan konten yang relevan dan berkualitas.

Anda harus mampu membuat konten yang tidak hanya sekedar konten yang teroptimal. Tapi anda harus juga mampu menyentuh kepada pembaca sehingga dapat menyelesaikan permasalahan mereka.

Pembuatan konten yang teroptimal dalam mesin pencari tapi tetap menarik bagi pembaca. Pengoptimalan inilah dibutuhkan kemampuan penulis konten untuk menjaga keseimbangan.

Selain itu mesin pencari juga dapat membaca konten yang relevan sehingga mereka dapat menikmati, terhibur dan juga mampu menjawab permasalahan mereka.

Letak peranan penting dari SEO dan copywriting untuk menciptakan konten yang berkualitas.
Untuk memperdalam pemahaman tentang SEO Copywriting anda dapat mengikuti pemahaman berikut :

Apa itu SEO ?

Sebelum kita membahas tentang SEO secara mendalam sebaiknya kita mengetahui tentang definisi SEO itu sendiri.

Definisi SEO atau Search Engine Optimization menurun media adalah Sebuah proses untuk mempengaruhi keterlihatan sebuah situs atau halamannya pada hasil pencarian organik.

Oleh sebab itu banyak pelaku internet marketing selalu mencari cara untuk menuju halaman satu mesin pencari. Ada saat ini algoritma mesin pencari pada google menggunakan algoritma matematika yang rumit. Algoritma ini dapat menentukan kata kunci dan juga keterkaitan kata kunci.

Dengan adanya relevansi tersebut akan membantu pencari informasi pada mesin pencari sehingga dapat membantu user untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Secara garis besar teknik SEO memiliki beberapa tujuan utama diantaranya

  • Merencanakan dan mengembangkan website untuk memperoleh peringkat yang baik dalam mesin pencari
  • Menambahkan kualitas dan kuantitas traffic ke website dari mesin pencari
  • Bagian dari pemasaran dengan memahami algoritma mesin pencari dan memastikan informasi website tertarget.

Berdasarkan dari tujuan utama tersebut maka kita memahami bahwa SEO digunakan untuk memaksimakan sebuah website dalam mesin pencari.

Cara kerja mesin pencari

Agar anda lebih memahami maka kita harus mengetahui cara mesin pencari bekerja.Beberapa cara mesin pencari memberikan hasil pencarian

  • Crawling – Sebuah proses mengambil seluruh halaman website yang terhubung ke webiste. Kegiatan ini dilakukan oleh software yang dinamakan Crawler atau spider ( pada google disebut dengan googlebot).
  • Pengindeksan – proses pengambilan semua halaman website kemudian dimasukkan didalam database raksasa. Dengan kata lain proses ini adalah bagian mengindentifikasi kata-kata atau kalimat yang menggambarkan halaman dengan kata kunci tertentu
  • Pengolahan – ketika ada permintaan pencarian tertentu, mesin pencari akan mengolah proses ini dengan cara membandingkan permintaan pencarian dengan halaman yang di indeks yang ada dalam database
  • Perhitungan relevansi – terkadang ditemukan lebih dari satu halaman yang berisi sesuai dengan pencarian. Oleh sebab itu mesin pencari akan menghitung relevansi pada setiap halaman yang berada diindeks. Sehingga pencari akan memperoleh hasil paling relevan dengan yang mereka cari.
  • Pengambilan hasil – hal terakhir yang dilakukan oleh mesin pencari adalah menampilkan hasil terbaik dan paling cocok dengan kata kunci pencarian.

Tentunya mesin pencari seperti google, yahoo dan lainnya akan terus mengupdate algoritma relevansi mereka. Oleh sebab itu, jika terjadi perubahan peringkat pada suatu halaman maka hal tersebut memiliki kemungkinan algoritma mesin pencari telah berubah.

Walau setiap mesin pencari memiliki algoritma berbeda namun pada prinsip dasarnya tetap sama.

Mengapa SEO itu penting?

Ketika anda mencari sebuah kata kunci dengan menggunakan mesin pencari, maka anda akan menemukan banyak hasil yang bisa ditemukan dalam database. Dan disana akan menemukan banyak halaman yang menempatkan posisi setiap halamannya.

Google biasanya akan menampilkan halaman web berdasarkan pada relevansi dan otoritas halaman untuk memberikan kepuasan pengguna. Untuk mengukur otoritas dan relevansi tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Mesin pencari akan menentukan relevansi sebuah halaman web kemudian isinya akan di analisa berdasarkan berbagai faktor.
  • Mesin pencari akan mengukur otoritas halaman berdasarkan jumlah link berkualitas yang menuju pada halaman tersebut.

Link yang mengarah kepada halaman merupakan tanda bahwa halaman tersebut memiliki kualitas yang baik sehingga dijadikan refrensi konten lainnya.

Tentunya peringkat tersebut bukan tanpa sebab, karena mesin pencari memiliki algoritma tersendiri untuk menentukannya. Disinilah pentingnya SEO untuk mengoptimalkan halaman website.

Mengapa semua website ingin berada pada halaman pertama mesin pencari ?
Tentu jawabannya adalah mereka ingin website mereka mudah untuk ditemukan oleh pengunjung. Dan ingin meningkatkan kemungkinan website anda mendapatkan traffic.

Selain mendapatkan kesempatan mendapatkan visitor, teknik SEO juga memiliki beberapa manfaat diantaranya

  • Meningkatkan citra perusahaan atau bisnis anda
  • Meningkatkan konversi penjualan produk anda
  • Biaya promosi yang lebih murah
  • Memastikan visitor lebih tertarget

Mungkin beberapa hal dapat mencerminkan tentang pentingnya SEO.

Teknik SEO

Setelah kita sedikit membahas tentang “Apa itu SEO” maka selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan secara singkat teknik SEO yang dapat dilakukan oleh pemula.

Secara umum teknik SEO terbagi menjadi 2 (dua) yaitu

  1. SEO on-page
  2. SEO off-page

Untuk pembahasan SEO sangatlah luas dan membutuhkan penjelasan tersendiri. Oleh sebab itu, kedepan akan saya buatkan kategori tersendiri untuk menjelaskan teknik SEO.

Memahami Copywriting

Pemahaman copywriting mungkin anda dapat membaca tulisan saya tentang apa itu copywriting. Disana anda akan memaham penjelasan lebih mendetail mengenai pengertian copywriting.

Pada artikel ini akan saya coba menjelaskan secara ringkas mengenai copywriting.

Copywriting sendiri dapat di definisikan sebagai seni membuat konten yang dapat memberikan pengaruh kepada pembaca agar dapat mengambil sebuah tindakan sehingga menguntungkan anda.

Hal inilah yang membuat copywriter harus pandai dalam membuat sebuah tulisan yang dapat memberikan pengaruh terhadap pembaca.

Untuk memberikan pemahaman lebih dalam anda dapat membaca artikel “Apa Itu Copywriting”.

jadi…

Apa itu SEO Copywriting.

Berdasarkan pemaparan diatas maka SEO Copywriting dapat didefinisikan sebagai cara menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat dengan menargetkan kata kunci tertentu. Tentunya ini akan meningkatkan relevansi dan otoritas anda sehingga dapat meningkatkan peringkat halaman anda.

Dengan kata lain teknik ini adalah bertujuan untuk membuat konten yang dapat dipahami oleh pembaca namun juga dapat bersaing didalam mesin pencari.

Seo Copywriting ini tentunya akan membantu dalam penargetan pasar anda dengan cara membantu permasalahan mereka.

baca juga | Apa Itu Copywriting

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten SEO Copywriting :

1. Riset keyword

Hal yang pertama yang harus anda lakukan sebelum menulis konten adalah melakukan riset keyword.

Hal ini dilakukan agar anda memperoleh informasi tentang persaingan kata kunci pada mesin pencari.

Beberapa langkah yang harus anda lakukan pada tahapan pertama ini :

a. Menentukan topik dan tujuan konten anda.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan topik yang akan dibahas didalam konten yang akan dibuat. Sehingga anda konten anda dapat tertarget kepada pembaca yang tepat.

Contoh :
Anda ingin membuat sebuah konten tentang berat badan. Tentunya permasalahan ini memiliki banyak hal yang dapat anda bahas seperti diet, nutrisi ataupun fitnes. Oleh sebab itu pada proses ini anda juga harus menentukan target konten anda.

Untuk merumuskan tujuan ini maka anda bisa menjawab beberapa pertanyaan ini.

  1. Siapakan target pembaca yang ingin anda tuju ?
  2. Apa yang membuat konten anda akan berbeda dengan lainnya ?
  3. Sudahkah anda mengenal target pembaca anda ?

Anda dapat merumuskan pertanyaan ini lebih banyak agar anda memperoleh data sehingga mempermudah penulisan konten.

b. Menentukan kata kunci utama dan kata kunci yang relevan

Pada tahapan ini merupakan hal yang paling penting didalam proses SEO Copywriting. Karena anda harus fokus pada kata kunci yang sempurna dan meriset tingkat kesulitan persaingan kata kunci tersebut.

Anda harus mempertimbangkan kemungkinan konten anda anda dapat memperoleh peringkat yang baik pada halaman pencari. Dan juga jangan sampai kata kunci yang anda bidik tidak ada yang mencari.

2. Penulisan konten

Setelah anda memperoleh kata kunci maka pada tahapan selanjutnya anda masuk kedalam tahap penulisan konten. Pada tahapan ini anda harus mampu untuk mengembangkan kata kunci tersebut.

Pada tahapan ini tentunya anda telah mengetahui tujuan dan pesan yang ingin sampaikan pada konten. Tentunya ini akan menjadi kerangka dalam penulisan anda.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka anda harus mengetahui siapa saja pembaca anda. dan juga anda harus menggali informasi apa yang dibutuhkan mereka berdasarkan dari kata kunci yang anda bidik.

Dengan demikian konten anda dapat tertarget dengan baik.

Yang harus diperhatikan dalam tahap penulisan konten

a. Membentuk kerangka tulisan

Hal yang harus anda persiapkan adalah kerangka penulisan konten. Pembentukan kerangka tulisan ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses SEO copywriting.

Dengan memiliki kerangka yang terstruktur maka konten anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang layak dalam mesin pencari.

Dengan memiliki kerangka penulisan yang jelas maka pembaca akan mudah memahami konten anda.

b. Saatnya menulis

Pada tahapan inilah banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memulainya. Hal ini dikarenakan anda merasa khawatir tentang kalimat yang disampaikan tidak tepat dan tidak enak untuk dibaca.

Namun sebaiknya anda harus memulainya walau dengan kalimat yang tidak sesuai dengan keinginan anda. Karena setelah menulis maka anda dapat mengeditnya dan menyesuaikan dengan keinginan anda.

Membaca kembali konten anda ini bertujuan untuk memastikan tulisan tersebut baik dan mudah untuk dibaca.

Oleh sebab itu pastikan tulisan anda tidak memiliki kesalahan penulisan huruf dan penulisan kalimat.

Prinsipnya ketika menulis, anda harus tetap memperhatikan kerangka tulisan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Anda dapat meletakkan poin terpenting dan penjelasan tentang artikel anda secara singkat.

Ini akan membuat pembaca dapat memahami konten anda dengan membaca paragrap pertama.

Seorang copywriter yang baik harus mampu menciptakan tulisan yang tidak hanya ramah SEO tapi juga harus mampu membuat konten yang menarik, menyenangkan dan mudah difahami. Dengan demikian mereka akan mudah untuk membangun konten yang mengagumkan.

3. Memeriksa kembali konten yang sudah ditulis

Setelah selesai menulis konten, maka sebaiknya anda membaca kembali seluruh konten yang sudah ditulis. Hal ini bertujuan untuk memastikan tulisan anda mudah difahami dan memeriksa kesalahan penulisan.

Dengan membuat konten yang mudah difahami pembaca tentunya ini akan menghasilkan traffik pembaca yang lebih banyak.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam mengoreksi konten anda

a. Membaca setiap kata secara perlahan

Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ejaan atau tulisan pada setiap kalimat. Oleh sebab itu pastikan semua sudah sesuai dengan tata bahasa yang benar.

b. Memperhatikan komposisi kalimat pada setiap paragraf

Komposisi setiap paragraf harus benar-benar diperhatikan. Dengan memperhatikan setiap paragraf yang ada, maka anda akan mengetahui urutan setiap paragraf sudah benar. ini akan membuat struktur konten dapat terjaga dengan baik.

Jika dirasakan paragraf-paragraf tersebut dapat dijadikan sub judul maka sebaiknya anda dapat membuat sub judul yang baru. Tentunya ini sangat baik terhadap kualitas SEO konten kamu.

Hal yang terpenting adalah sub judul tersebut dapat membantu pembaca dalam membahami konten anda.

c. Meminta tanggapan dari pembaca

Meminta tanggapan dari pembaca merupakan strategi yang efektif untuk anda mendekatkan diri kepaca pembaca. dengan demikian anda akan memperoleh masukan dari pembaca anda dan hal ini akan mampu menguji kualitas konten dari persepsi pembaca.

Kesimpulan

SEO Copywriting merupakan teknik yang digunakan untuk membuat konten yang dapat menarik bagi pembaca tapi tetap teroptimasi dengan baik pada mesin pencari.

Penggabungan teknik SEO dan Copywriting diharapkan konten yang anda buat dapat bersaing dengan konten-konten pesaing lainnya.

Teknik SEO Copywriting ini akan membantu konten anda disukai oleh pembaca dan mesin pencari.

Dengan anda memenangkan persaingan tersebut tentunya akan meningkatkan traffic website dan juga akan membuat brand anda menjadi lebih dikenal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *