Supremasi Hukum Artinya

Supremasi Hukum Artinya, Pengertian, Tujuan dan Prinsip

Posted on

Supremasi hukum artinya – Sebuah negara dapat disebut sebagai negara hukum bila negara itu sudah memiliki superioritas hukum yang menjadi landasan aturan main didalam menjalankan pemerintahaan negara terutama untuk memelihara ketertiban dan juga perlindungan hak warganya.

Menurut Jhon Locke didalam karyanya “Second Tratise of Government”, menyatakan bahwa setidaknya terdapat 3 (tiga) unsur atau syarat minimal sebuah negara hukum.

  1. Terdapat hukum yang mengatur bagaimana masyarakat bisa menikmati hak asasi secara damai.
  2. Memiliki Badan yang bisa menyelesaikan persengketaan yang muncul dalam wilayah pemerintahan.
  3. Tersedianya badan yang diadakan untuk menyelesaikan sengketa yang muncul pada sesama anggota masyarakat.

John Locke juga menyatakan bahwa didalam negara hukum, warga negara tidak lagi diperintah oleh raja namun diperintah atas dasar hukum.

Hal inilah yang menjadi isyarat bagi negara hukum mutlak terdapat penghormatan terhadap supremasi hukum.

Baca juga | Pengertian Hukum Adalah, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis

Pengertian Supremesi Hukum

Kata supremasi hukum merupakan pengabungan kata dari kata “supremasi” dan kata “hukum”.

Istilah keduanya sendiri merupakan penyerapan kata dari bahasa Inggris yaitu supremacy dan law atau “supremacy of law” atau juga dapat disebut dengan “law a supremacy”.

Menurut Hornby.A.S (1974:869), kata supremasi berasal dari kata “supremacy” yang merupakan akar kata sifat “supreme” yang dapat diartikan tingkatan atau peringkat tertinggi.

Berdasarkan dari hal tersebut maka supremacy dapat diartikan sebagai kekuasan paling tinggi.

Istilah hukum merupakan terjemahan dari kata “law“, dalam bahasa belanda “recht” bahasa Perancis “droit” yang bisa didefinisikan sebagai aturan, perundang-undangan atau norma yang harus ditaati.

Berikut beberapa pengertian supremasi hukum menurut para ahli :

Soetandyo Wignjosoebroto (2002:457)

Menurut Soetandyo Wignjosoebroto, pengertian supremasi hukum secara terminologi adalah usaha dalam menegakkan serta menempatkan hukum dalam posisi tertinggi yang bisa melindungi semua lapisan masyarakat tanpa intervensi dari dan oleh pihak manapun termasuk juga penyelenggara negara.

Abdul Manan (2009:188)

Menurut Abdul Manan, arti dari supremasi hukum secara terminologi adalah kiat atau upaya dalam menegakkan serta memposisikan hukum di tempat tertinggi dari segalanya sehingga menjadikan hukum sebagai panglima untuk melindungi serta menjaga stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Charles Hermawan (2003)

Menurut Charles Hermawan, pengertian supremasi hukum adalah upaya untuk menegakkan dan menempatkan hukum di posisi tertinggi tanpa intervensi pihak eksternal dengan tujuan untuk melindungi semua lapisan masyarakat sebagai kiat untuk memposisikan hukum agar dapat berfungsi sebagai panglima atau komando.

Secara sederhana, arti supremasi hukum adalah pengakuan dan penghormatan yang terkait dengan superioritas hukum sebagai sebuah aturan main dalam semua kegiatan berbangas bernegara, dan bermasyarakat yang dijalankan dengan jujur.

Baca juga | Pengertian Yurisprudensi Adalah, Macam-Macam, Unsur dan Syarat

Tujuan Supremasi Hukum

Berdasarkan dari beberapa pengertian diatas maka dapat dilihat bahwa supremasi hukum memiliki beberapa tujuan, yaitu :

  • Memberikan tempat pada kebebasan individu sebagai prinsip dasar organisasi sosial agar dapat menjamin kemerdekaan individu.
  • Untuk memberikna jaminan agar nilai moral bangsa dapat terjaga dan perpelihara.
  • Memberikan perlindungan kepada kepentingan warga negara dan masyarakat secara luas.
  • Memberikan tanggung jawab ahli hukum untuk dilaksanakan serta dikerjakan dan juga tidak hanya melindungi dan mengembangkanhak perdata dan politik perorangan didalam masyarakat bebas namun juga menyelenggarakan serta membina kondisi sosial, pendidikan, ekonomi, pendidikan serta kulturan yang bisa membentuk aspirasi rakyat dan juga mengembangkan integritas Sumber Daya Manusia.
  • Menciptakan masyarakat demokratis
  • Memberikan jaminan perlindungan hak individu dalam bermasyarakat dan bernegara.
  • Menciptakan keadilan dalam masyarakat terutama keadilan sosil dan perlindungan kepada harkat martabat manusia, ketertiban dan kepastian hukum.

Baca juga | Pengertian Hukum Tata Negara Adalah, Tujuan dan Ruang Lingkup

Prinsip Penegakan Supremasi Hukum

Di dalam menegakkan supremasi hukum pada sebuah negara bisa berjalan dengan prinsip-prinsip berikut :

1. Prinsip Negara

Pada prinsip negara hukum memperlihatkan bahwa komunikasi dan interaksi sosial yang meliputi berbagai elemen komunitas berinteraksi serta bertransaksi untuk mencapai tujuan bersama.

Tatanan kehidupan dan komunikasi antara individu pada sebuah komunitas mengacu pada aturan main yang disepakati serta digunakan untuk acuan dan referensi semua pihak dalam menjalankan hubungan dan perbuatan hukum.

2. Prinsip Konstitusi

Prinsip konstitusi didalam sebuah negara memperlihatkan bahwa landasan dan referensi yang dijadikan sebagai pedoman dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah konstitusi sehingga hak warga negara dan hak asasi manusia masing-masing warga negara dijamin, terayomi dan terlindungi oleh konstitusi.

Demikianlah pembahasan tentang Supremasi Hukum Artinya, Pengertian, Tujuan dan Prinsip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *