cara berjualan online di instagram

Tips Jualan Online Di Instagram Untuk Pemula Hingga Sukses

Posted on

Tips jualan online di Instagram – Ketika anda ingin memulai bisnis online di media sosial maka Instagram bukanlah platform media soslal pertama yang anda pikirkan untuk berjualan online.

Platform yang pasti anda pikirkan pertama kali adalah Facebook atau Twitter karena dapat menghasilkan perhatian lebih dari daripada Instagram.

Apakah Instagram dapat untuk berjualan online ?

Setiap bulan lebih dari 600 juta orang berbagi atau melihat foto dan video di Instagram. Kurang lebih 60 persen pengguna instagram menyatakan bahwa mereka menemukan produk baru atau produk yang mereka cari.

Sedangkan sekitar 75 persennya menyatakan bahwa mereka mengambil tindakan setelah melihat posting.

Berdasarkan dari data diatas maka Instagram merupakan sarana yang baik untuk berpromosi melalui media visual seperti foto ataupun gambar.

Walaupun demikian Instagram memiliki keterbatasan fitur sehingga membuat Instagram sangat sulit untuk dimaksimalkan.

Untuk memaksimalkan promosi anda melalui postingan foto dan video di Instagram maka sebaiknya anda mencantumkan link yang mengarahkan pembaca anda ke halaman arahan bisnis atau website anda.

Baca juga | Apa Itu Endorse Dan Cara Mendapatkan Endorse Di Instagram

Tips jualan online Di Instagram untuk pemula

tips jualan online di instagramJika anda akan memulai berbisnis online dan ingin mengunakan fasilitas Instagram maka anda dapat mengikuti tips jualan online di Instagram untuk pemula sebagai berikut:

1. Membuat akun Instagram dengan menggunakan nama Brand anda.

Jika anda ingin membuat akun Instagram untuk bisnis maka sebaiknya anda menggunakan nama akun dengan nama bisnis atau brand.

Selain itu akun Instagram yang digunakan untuk bisnis jangan dicampur dengan akun Instagram pribadi anda.

Sebaiknya anda membuat akun tersendiri untuk menjaga agar brand anda mudah dikenal dan menjaga reputasi brand anda.

Memiliki akun Instagram untuk bisnis maka banyak orang akan menemukan anda dalam pencarian.

2. Memaksimalkan profile Instagram

Untuk memaksimalkan profile instagram anda maka buatlah deskripsi yang catchy dan singkat tentang brand anda, menampilkan foto profil yang baik. Dan lengkapi jugadengan link website atau landing page anda agar memudahkan konsumen untuk melakukan tindakan atau pembelian.

Maksimalkan juga dengan mencantumkah contact person seperti nomer Handphone, Pin BB, Whats app atau kontak lain yang memudahkan pengunjung anda menghubungi anda.

3. Memajang foto atau video yang berkualitas dan memiliki cerita

Instagram merupakan media sosial yang hampir keseluruhan konten berbentuk visual. Oleh sebab itu untuk menarik perhatian pengunjung maka gambar yang di tampilkan harus berkualitas dan menarik.

Jangan menggunakan gambar buram atau sangat sulit untuk terlihat karena dapat menyebabkan pengunjung tidak tertarik terhadap konten anda.

Selain itu gambar atau video yang ditampilkan harus memiliki cerita yang dapat membantu pengunjung untuk membayangkan mereka menggunakan atau atau memakai produk anda.

Posting foto yang berkualitas dan menarik secara konsisten dan terjadwal sehingga pengikut anda terus update terhadap akun anda.

4. Fokus pada karakter dan gaya hidup

Salah satu kunci keberhasilan dalam jualan online di Instagram adalah di dasarkan pada kemampuan pemilik akun dalam menampilkan dan menawarkan gaya hidup dalam sebuah produk melalui gambar yang menarik.

Menampilkan gaya hidup dalam produk dengan fokus dan di buat secara konsisten dapat membantu untuk membangun karakter brand anda.

5. Menggunakan hashtag jualan Instagram (#) secara bijaksana

Dengan menggunakan hashtag di Instagram dapat mempermudah bagi pengguna Instagram untuk menemukan produk atau brand anda.

Penggunaan hashtag untuk jualan online di Instagram sebaiknya terlebih dahulu harus dilakukan penelitian agar dapat menemukan hastag yang relevan dengan produk atau brand anda.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh penjual di Instagram adalah tidak memanfaatkan dan menggunakan hashtag yang tepat. Bahkan masih banyak penjual yang tidak menggunakan hashtag pada postingan jualan mereka.

Padahal salah satu cara memaksimalkan promosi dan jualan online di Instagram adalah dengan cara menggunakan hashtag yang tertarget.

Jika anda telah menemukan hashtag yang sesuai dan relevan dengan produk anda maka anda dapat menggunakan hastag tersebut pada postingan Instagram anda. Cantumkan maksimal 5 tagar agar terlihat alami atau anda dapat menggunakan 11-20 hastag yang relevan dengan produk anda.

Baca juga | Cara Membuat Hashtag Di Instagram yang Populer Dan Relevan

6. Berinteraksi dengan pengikut Instagram anda

Hampir sama dengan media sosial lainnya di dalam berpromosi di Instagram anda juga harus dapat berinteraksi dengan pengikut anda. Bila perlu anda juga dapat terlibat dengan pengikutnya pengikut anda.

Dengan berinteraksi dengan banyak pengguna Instagram tentunya akan membuat brand anda akan mudah dikenal. Namun jangan melakukan spam melalui komentar karena justru dapat berdampak buruk pada reputasi brand anda.

Cara berinteraksi paling mudah adalah dengan cara membalas setiap komentar dan pertanyaan di postingan anda dan juga menggunakan hastag, tag lokasi, dan konten anda.

Selain itu anda dapat bergabung dalam percakapan postingan anggota sehingga dapat memperkuat interaksi antara anda dengan follower anda.

7. Menampilkan testimoni atau bukti sosial jika memungkinkan

Instagram merupakan platform yang menakjubkan untuk konten visual. Konten visual dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan seseorang terhadap produk. Oleh sebab itu anda dapat menampilkan foto tentang berbagai testimoni atau bukti sosial yang diperoleh dari konsumen yang telah menggunakan produk anda.

Dengan menampilkan testimoni ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat reputasi bisnis menjadi lebih baik.

Anda dapat meminta kepada konsumen yang telah membuat testimoni atau anda dapat menemukan beberapa testimoni yang sudah ada. Kemudian anda dapat meminta izin kepada mereka untuk menggunakan dan memasang testimoni mereka sebagai saran promosi.

8. Menggunakan Instagram Ads

Salah satu cara untuk menemukan dan mendapatkan pelanggan baru maka anda dapat bereksperimen dengan menggunakan Instagram Ads.

Instagram Ads memiliki kemampuan penargetan konsumen yang sama seperti Facebook saat menggunakan iklan.

Untuk menggunakan iklan ini anda harus membuat profil bisnis di Instagram namun anda juga harus memiliki halaman Facebook.

Kemudian anda dapat menentukan harga atau nilai iklan yang ingin anda habiskan. Disini anda dapat menentukan target pemirsa dan juga jangka waktu pemasangannya.

9. Memperbanyak Follower aktif

Agar semua promosi anda memiliki banyak konversi maka akun Instagram anda harus memiliki banyak follower tertarget. Tentunya hal ini membutuhkan strategi yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama.

Namun anda jangan pernah terpengaruh untuk menggunakan jasa penambah follower karena dapat merusak reputasi brand.  Selain itu follower yang tidak aktif ini tidak berpengaruh sama sekali terhadap konversi penjualan anda.

10. Memberi harga promosi atau diskon

Memberikah harga promosi atau diskon memiliki juga pengaruh yang sangat besar untuk memperkenalkan brand anda.

Berikan potongan harga pada waktu-waktu tertentu sehingga anda dapat menarik konsumen dengan memanfaatkan psikologinya.

Demikianlah pembahasan tentang Tips Jualan Online Di Instagram Untuk Pemula.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *