Tugas Akuntan Publik

Tugas Akuntan Publik Adalah, Pengertian dan Jasa

Posted on

Tugas Akuntan Publik – Akuntan publik merupakan orang yang memiliki kompetensi dan keahlian dibidang akuntansi yang telah menempuh pendidkan sabagai akuntan.

Profesi akuntan publik menurut Mulyadi dan Puradireja (1998) berperan penting untuk mengadakan audit laporan keuangan suatu perusahaan dan juga sebagai profesi kepercayaan masyarakat.

Dari profesi ini masyarakat berharap pada penilaian yang bebas serta tidak memihak pad ainformasi yang disajikan oleh manajemen perusahaan pada laporan keuangan.

Akuntan publik memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kehandalan laporan keuangan perusahaan agar informasi tersebut dapat dijadikan sebagai landasan pengambilan keputusan.

Oleh sebab itu, kualitas audit sangat penting karena dengan kualitas audit yang baik maka laporan keuangan yang diperiksa dapat dipercaya sebagai landasarn keputusan untuk menetapkan kebijakan.

Baca juga | Auditor Adalah | Pengertian, Jenis-Jenis dan Kompetensi Auditor

Pengertian Akuntan Publik Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian Akuntan menurut para ahli, yaitu :

Alvin dan James (2002)

Menurut Alvin dan James, pengertian akuntan publik adalah auditor yang berdiri sendiri yang menjalankan proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti dari keterangan terukur dari sebuah kesatuan ekonomi dengan tujuan mempertimbangkan dan melaporkan tingkat kesesuaian dari keterangan yang terukur tersebut dengan keterangan yang telah ditetapkan pada laporan keuangan perusahaan go public atau perusahaan besar lainnya.

Charmica dan Willingham (1998)

Akuntan publik adalah seseorang yang memperoleh izin dari negara setempat untuk berpraktek dan menawarkan jasanya kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan.

Munir Misbahul (2009)

Menurut Munir Mishabul, akuntan publik merupakan akuntan yang memiliki izin dari Menteri Keuangan atau pejabat berwenang lainnya untuk menjalankan praktik akuntan publik

Boyton, Johnson dan Kell (2002)

Menurut Boyton, Johnson dan Kell, arti akuntan publik adalah praktisi perorangan atau anggota akuntan publik yang memberikan jasa auditing personal kepada klien.

Baca juga | Pengertian Audit, Jenis-Jenis, Tujuan, Standar dan Proses Audit

Bidang Jasa Akuntan Publik

Menurut Arens, Elder dan Beasly (2003: 38), terdapat beberapa bidang jasa akuntan publik :

Jasa atesti : akuntan publik membantu dalam memberikan pernyataan atau pertimbangan-pertimbangan yang sesuai dengan publik secara independen dan kompeten terkait dengan pernyataan satuan usaha telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Jasa Non Astesi : bidang akuntan publik ini dapat meliputi jasa-jasa yang terkait dengan akuntansi, manajemen, kompilasi, perpajakan dan konsultan.

Baca juga | Akuntansi Sebagai Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Tugas Akuntan Publik

Apa saja tugas akuntan publik itu ?

Berikut adalah beberapat tugas akuntan publik :

General Audit Service

Pengertian general audit service adalah pemeriksaan objektif atas laporan keuangan yang disertai dengan pernyataan-pernyataan pendapat terkait dengan kelayakan sebuah laporan keuangan tersebut.

Investigation Services

Investigation Services dapat dikatakan sebagai bantuan untuk mengatasi permasalahan yang khusus yang sedang dihadapi oleh pihak manajemen.

Management Advisory Services

Akuntan publik dapat memberikan nasehat kepada manajemen perusahaan terkait dengan bidang akuntansi, perencanaan keuangan, dll.

Representation Services

Tugas akuntan publik ini merupakan tugas dalam mewakili atau menjadi kuasa dari klien untuk mengurus permasalahan tertentu seperti permasalahan pajak, mendaftat efek, perundingan, dll.

Assistence Services

Maksud dari Assistence Services adalah membantu perusahaan seperti membantu untuk menjalankan pembukuan, menyusun strategi baru, dll.

Demikianlah pembahasan tentang tugas akuntan publik, pengertian dan bidang jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *