tugas dan tanggung jawab hrd

Tugas Dan Tanggung Jawab HRD Dalam Perusahaan Modern

Posted on

Tugas Dan Tanggung Jawab HRD – Sumber daya manusia adalah sekelompok individu yang membentuk tenaga kerja dan manajemen sdm yang dirancang untuk meningkatkan kinerja karyawan untuk mencapai tujuan strategis dari pemberi kerja.

Manajemen Sumber daya Manusia yang dikelola dengan baik dapat memberikan dampak positif terhadap struktur dan kemampuan perusahaan anda untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Baca juga | Apa itu HRD ? dan Syarat menjadi HRD Dalam Perusahaan

Tugas dan tanggung jawab HRD

Dulu, Tugas dan tanggung jawab HRD adalah mematikan bahwa semua karyawan mematuhi seluruh kebijakan perusahaan.

Tugas HRD ini biasanya terkait dengan tugas administrasi seperti mengumpulkan dan menyimpan dokumen serta mereka harus menetapkan dan menegakkan peraturan perusahaan.

Oleh sebab itu, dahulu karyawan HRD ini sering berasal dari bagian administrasi atau keuangan.

Namun pada saat ini peran HRD telah berkembang dan harus mampu menyumbangkan ide dan memimpin organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab HRD di lingkungan perusahaan modern :

1. Menemukan dan merekrut karyawan yang tepat

tugas hrd

Tugas dan tanggung jawab HRD adalah menemukan dan merekrut karyawan yang dapat memajukan perusahaan.

Mereka dapat memasang iklan dan mewawancarai kandidat karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada.

HRD bertugas untuk menyaring kandidat dan melakukan koordinasi dengan manajer pada saat perekrutan dan seleksi akhir kandidat.

Tim HRD juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mempromosikan tim SDM yang berkinerja baik serta memberikan penghargaan kepada karyawan sehingga dapat menciptakan budaya perusahaan yang positif.

2. Keselamatan kerja karyawan.

tanggung jawab hrd

Keselamatan kerja karyawan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

Pengusaha memiliki kewajiban untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi seluruh karyawan.

Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab utama dari HRD untuk mendukung keselamatan kerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

MSDM harus dapat mengelola keselamatan karyawan dengan menerapkan aturan seputra pelecehan seksual, diskriminasi serta kebijakan narkoba.

Secara umum HRD harus bertanggung jawab untuk membuat aturan yang jelas dan memastikan mereka dapat berjalan sesuai dengan aturan pemerintah.

3. Hubungan karyawan

tugas hrd staff

Tugas utama HRD selalu berurusan dengan faktor manusia dari sebuah perusahaan sehingga harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik.

Mereka harus membangun koneksi dengan karyawan sehingga mereka dapat mendatangi tim HRD dengan nyaman untuk menyelesaikan masalah mereka.

Tim HRD harus selalu proaktif dan mengenal karyawan mereka sehingga dapat membangun kepercayaan dan keyakinan karyawan .

Hubungan karyawan merupakan kedisiplinan SDM yang berkaitan dengan penguatan hubungan antara pimpinan dengan karyawan yang diukur dengan kepuasan kerja, keterlibatan karyawan dan penyelesaian konflik.

4. Kompensasi terhadap karyawan

wewenang hrd

Sama seperti tugas hubungan karyawan, Pemberian kompensasi dan tunjangan kepada karyawan juga dapat  dilakukan oleh seseorang atau Tim HRD.

Tugas HRD adalah menetapkan jumlah kompensasi dan mengevaluasi standar pembayaran karyawan yang bersaing.

Sistem penggajian ini juga harus menjadi komponen dari bagian penting dari kompensasi dan tunjuangan SDM.

Setiap tim HRD harus dapat memonitor gaji untuk memastikan karyawan tetap kompetitif didalam perusahaan.

5. Pelatihan dan pengembangan

tugas hrd adalah

Perusahaan harus dapat memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan karyawan untuk menunjang keberhasilan mereka.

Hal ini berarti perusahaan dapat memberikan orientasi kepada karyawan baru agar membantu mereka beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan.

Selain itu perusahaan dapat memberikan pelatihan dan pengembangan diri kepada karyawan yang dibutuhkan seperti pelatihan kepemimpinan yang dilakukan manajer.

Baca juga | Strategi Pemasaran Produk Baru yang Efektif (Tahun 2019)

Kesimpulan

Tugas dan tanggung jawab HRD sering kali tidak dianggap penting karena mereka hanya dianggap sebagai penengah bila terjadi konflik diantara karyawan.

Padahal HRD merupakan komponen penting dalam perusahaan untuk memastikan semua orang yang berada diperusahaan adalah orang yang tepat.

Dan HRD harus membantu perusahaan untuk terus berubah dan memastikan karyawan dapat mengerjakan pekerjaannya tanpa ada gangguan.

Demikianlah pembahasan tentang Tugas Dan Tanggung Jawab HRD Dalam Perusahaan Modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *