tujuan laporan keuangan

Tujuan Laporan Keuangan dan Manfaat yang WAJIB di Ketahui

Posted on

Tujuan laporan keuangan untuk perusahaan awalnya untuk dijadikan sebagai alat pengujian terhadap fungsi bagian pembukuan.

Namun seiring waktu, fungsi laporan keuangan dijadikan sebagai dasar dalam menentukan atau menjalankan penilaian atas posisi keuangan perusahaan itu.

Berdasarkan dari hasil analisa tersebut maka pihak-pihak yang berkepentingan bisa mengambil keputusan secara efektif dan efisien.

Selain itu, laporan keuangan ini dapat menilai kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajiban baik itu jangka pendek atau jangka panjang, modal perusahaan serta distribusi aktivanya.

Baca juga | Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Pengguna dan Karakteristik

Tujuan Laporan Keuangan Menurut IAI

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), (2007, hal 3), tujuan laporan keuangan adalah :

  • Memberikan informasi yang terkait dengan posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan perusahaan yang berguna bagi pengguna untuk proses pengambilan keputusan.
  • Penyusunan laporan keuangan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pengguna. Namun demikian laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna dalam pengambilan keputusan ekonom, karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari berbagai kejadian di masa yang lalu dan juga tidak diharuskan untuk menyediakan informasi-informasi nonkeuangan.
  • Laporan keuangan ini bertujuan untuk memperlihatkan apa yang telah dijalankan oleh pihak manajemen dan juga bentuk pertanggung-jawaban manajemen atas sumber daya yang dikelolal olehnya.  Pengguna juga yang ingin melakukan penilaian atas apa yang telah dijalankan atau pertanggung jawaban manajemen dalam melakukan hal ini sehingga mereka dapat membuat keputusan ekonomi.

Keputusan ini bisa saja mencakup keputusan untuk memanamkan atau menjual investasi mereka dalam suatu perusahaan atau keputusan untuk mengangkat kembali atau melakukan penggantian manajemen.

Berdasarkan dari beberapa penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan laporan keuangan adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan bisa terkait dengan:

  • Kemampuan perusahaan untuk menjalankan semua kewajiban-kewajibannya saat sini dengan kondisi yang tidak menentu serta tidak bisa diprediksikan di masa mendatang.
  • Kekuatan perusahaan untuk menarik manfaat dalam menjalankan berbagai transaksi bisnis atau dalam hal perluasan bisnis.
  • Kemampuan perusahaan untuk secara berkelanjutan untuk bisa membayar bunga pinjaman atau dividen.

Kesimpulan

Atas dasar dari tujuan laporan keuangan menurut para ahli diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa tujuan laporan keuangan adalah:

  • Menginformasikan posisi laporan keuangan yang dihasilkan oleh kinerja serta aset perusahaan yang bisa di manfaatkan olehb pengguna laporan keuangan untuk bahan evaluasi dan melihat akibat keuangan yang timbul atas keputusan yang diambil.
  • Memberikan informasi keuangan perusahaan dibutuhkan untuk menilai serta membuat prediksi kondisi perusahaan di masa mendatang agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar atau setidaknya mendapatkan keuntungan yang sama.
  • Menjelaskan terkait tentang perubahan posisi keuangan perusahaan yang berguna untuk menilai aktivitas investasi, pendanaan serta jalannya perusahaan selama periode tertentu.

Manfaat Laporan Keuangan

Laporan keuangan juga memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna bagi didalam perusahaan.

Berikut adalah beberapa manfaat laporan keuangan

Evaluasi bisnis

Didalam aktivitas bisnis yang dijalankan membutuhkan evaluasi atas kegiatan yang telah dilakukan untuk memperbaiki kesalahan sebelumnya.

Dengan adanya laporan keuangan ini dapat membantu pihak terkait untuk menilai kegiatan bisnsi dan juga mengetahui segala kekurangan yang ada.

Laporan keuangan dapat memberikan informasi yang tepat sehingga manajemen dapat melakukan evaluasi dan juga mengetahui perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Inovasi

Selain dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi, terkadang laporan keuangan bisa memberikan ide kreatif bagi manajemen untuk melakukan inovasi.

Hal ini dikarenakan laporan keuangan bisa memberikan informasi secara baik dan lengkap sehingga dapat membuat kita mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang harus dilakukan.

Tentunya hal ini akan membuat manajeman dapat menjalankan bisnis dengan melakukan berbagai inovasi dan trobosan baru untuk membawa perusahaan kearah yang lebih baik.

Alat Pertanggung jawaban

Manfaat paling utama dari laporan keuangan adalah sebagai bahan pertanggung jawaban atas semua transaksi keuangan yang terjadi.

Bagi pelaku bisnis, membuat laporan keuangan merupakan salah satu keharusan karena laporan ini dapat dijadikan bahan pertanggung jawaban mereka dalam menjalankan bisnis.

Acuan pengambilan keputusan

Manfaat laporan keuangan lainnya adalah dijadikan sebagai bahan acuan dalam mengambil keputusan.

Terutama bagi pihak pengambil keputusan dapat melihat laporan keuangan sehingga mereka dapat mengambil keputusan secara cepat dan efektif.

Demikianlah pembahasan tentang Tujuan Laporan Keuangan dan Manfaat yang WAJIB di Ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *