Usaha online yang menguntungkan

15 Peluang Usaha Online yang Menguntungkan Saat Ini

Posted on

Apakah peluang usaha online yang menguntungkan saat ini?

Pertanyaan ini sering muncul ketika kita baru memulai bisnis online.

Pada artikel ini saya akan coba berikan kepada anda 15 ide bisnis online yang menjanjikan untuk anda.

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet, maka pada saat ini banyak pengusaha yang mulai merambah bisnis online. Banyak peluang usaha online yang menguntungkan yang dapat kamu lakukan di internet.

Pada saat ini untuk menjalankan usaha secara online sangat mudah karena perkembangan teknologi internet yang semakin maju. Selain itu usaha online ini dapat dilakukan jika anda memiliki modal kecil atau bahkan tanpa modal.

Baca juga | Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Banyak yang menganggap bisnis di internet membutuhkan modal yang besar sehingga mereka takut untuk menjalankannya.

Terkadang yang menjadi kesulitan seorang pemula untuk memulai bisnis online adalah mereka masih belum menemukan ide bisnis atau peluang usaha yang tepat.

Untuk mencari peluang usaha online yang tepat anda dapat melakukan riset di internet kemudian anda dapat memulih bisnis yang cocok untuk anda.

Anda juga dapat menemukan peluang bisnis di lingkungan anda. Di sana anda dapat mencari ide bisnis yang akan anda onlinekan.

Mengapa kita harus melakukan riset peluang usaha dengan tepat?

Hal ini dikarenakan banyak model bisnis online yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Dengan melakukan riset maka kita akan mengetahui tingkat kesulitan yang akan anda hadapi. Selain itu anda juga dapat menentukan strategi dalam mengatasi persaingan dari kompetitor.

Untuk mempermudah anda dalam mencari peluang usaha yang menguntungkan maka pada artikel ini saya akan memberikan 15 peluang usaha terbaik dan memiliki potensi yang menjanjikan.

Mari kita mulai…

1. Berjualan online di Market place (Pasar Online)

Jika anda masih baru memulai berjualan secara online maka anda dapat menggunakan media  marketplace.

Berjualan produk melalui marketplace tergolong mudah. Anda tinggal mendaftar kedalam marketplace kemudian produk anda dapat dipromosikan.

Jika marketplace tersebut ramai pengunjung maka produk anda memiliki kemungkinan untuk dibeli.
Walau berpromosi di marketplace gratis dan mudah namun tetap memiliki beberapa kelemahan.

Salah satu kelemahan berjualan di pasar online adalah keterbatasan fitur karena kita berada di website orang lain. Selain itu anda tidak dapat membangun merek produk anda dengan maksimal.

Beberapa contoh marketplace populer dan ramai pengunjung

  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Olx
  • Kaskus

2. Berjualan online di Website sendiri

Menjual produk dengan website sendiri dapat diibaratkan anda membuka toko online sendiri. Bahkan saat ini tersedia berbagai fasilitas yang memudahkan anda untuk membuka toko online. Tapi untuk membuat website atau blog dibutuhkan keahlian dan pengetahuan untuk membuat website.

Namun disinilah kelebihan untuk anda jika dapat membuat dan mengelola website. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan dan keahlian untuk membangun dan mengelola website.

Dengan memiliki website sendiri akan memudahkan anda dalam melakukan branding produk anda secara maksimal. Selain itu dengan adanya website sendiri, anda dapat bebas mengelola website kamu.

Jika anda mencari di google maka banyak ditemukan berbagai jasa untuk membuat website untuk anda berjualan.

Dasar untuk membuat webstite maka anda perlu mempelajari tentang desain web, program web dan juga marketing website.

Baca juga | Cara Memilih Produk atau Barang yang Cepat Laku Dijual Online

3. Berjualan di Sosial Media

Selain digunakan untuk berkomunikasi secara online, media sosial dapat juga digunakan untuk berbisnis online.

Tidak jarang perusahaan besar menggunakan media sosial sebagai media promosi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Dan banyak sekali kita temukan industri kecil memasarkan produk mereka melalui media sosial. Media sosial memiliki kekuatan yang sangat besar dalam mempengaruhi  kemajuan bisnis seseorang.

Menggunakan media sosial dapat dilakukan oleh pelaku bisnis pemula. Faktor kemudahan dan efektiftas dalam menemukan calon konsumen adalah salah satu penyebab pengusaha menggunakan media sosial.

Beberapa media sosial yang paling sering digunakan untuk usaha online,

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Google+

4. Pemasaran affiliasi

Salah peluang usaha online yang paling menghasilkan uang adalah pemasaran affiliasi. Affiliasi adalah seseorang yang menerima komisi karena dapat menjual produk dari perusahanan lain.

Keuntungan dari pemasaran affilisasi adalah anda tidak perlu mengembangkan produk sendiri karena hanya membantu menjual produk orang lain.

Misal,

Anda ingin memperoleh penghasilan dari internet. Kemudian anda mendaftar sebagai affiliasi untuk menjual produk orang lain dengan menggunakan link refferal anda.

Maka anda akan mempromosikan link refferal tersebut dan anda akan mendapatkan komisi jika terjadi penjualan melalui link anda. Persentase komisi yang anda terima tentunya disesuaikan dengan kesepakatan awal.

Anda dapat memasarkan link refferal anda melalui blog, email atau media sosial. Jangan asal memilih produk affiliasi karena terkadang produk tersebut memiliki persaingan yang sulit.

Oleh sebab itu anda harus bisa melakukan riset persaingan produk tersebut di mesin pencari. Pemasaran affiliasi merupakan cara yang baik untuk memperoleh penghasilan pasif dari internet.

Baca juga | Cara Berbisnis Online Tanpa Modal dengan Bisnis Afiliasi

5. Menjadi penulis artikel

Jika anda suka dengan bidang tulis menulis maka salah satu usaha online yang menjanjikan adalah penulis artikel. Hal ini dikarenakan banyak pemilik website atau blog membutuhkan penulis konten yang berkualitas untuk mengisi blog mereka.

Untuk masalah harga biasanya ditentukan oleh kualitas dan banyak kata dalam artikel. Semakin berkualitas dan panjang sebuah artikel maka semakin mahal harganya.

Untuk artikel berbahasa asing seperti bahasa inggiris biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga artikel bahasa indonesia. Anda akan memperoleh banyak pendapatan jika anda memproduksi artikel banyak. Tentunya artikel yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Agar sukses menjalankan bisnis ini sebaiknya anda membuat blog dengan berbagai artikel. Artikel didalam blog anda dapat dijadikan sebagai contoh penulisan anda.

Menjadi blog tamu dengan menuliskan beberapa artikel berkualitas akan membuat otoritas anda semakin meningkat.

Bila anda belum memiliki kemampuan untuk menulis maka anda dapat mempelajari tentang teknik menulis. Banyak tutorial menulis yang dapat anda baca di internet.

6. Menjadi mentor

Jika anda memiliki keahlian khusus maka anda bisa menjadi pengajar atau mentor. Pada saat ini, di internet banyak orang yang memiliki keahlian menawarkan jasa mentor seperti mentor bisnis online, mentor menulis, mentor bahasa inggris, dll.

Ketika anda memulai usaha online ini sebaiknya anda menawarkan jasa layanan gratis dengan menggunakan model freemium.

Freemium adalah produk gratis dengan fitur yang terbatas dan jika konsumen menginginkan fitur lebih maka mereka harus mengupgrade dengan biaya.

7. Marketer profile media sosial

Sosial media merupakan salah satu elemen penting didalam bisnis online. Namun banyak pemilik bisnis tidak memiliki waktu untuk aktif dalam sosial media seperti facebook, twitter, linkendin dan media sosial mereka.

Permasalahan ini adalah peluang bagi anda untuk membantu mereka untuk meningkatkan profile bisnis mereka di media sosial.

Jika anda mampu untuk membangun interaksi yang baik dan membangun profile sosial media yang menarik maka anda dapat membuat layanan ini bernilai jual.

Misal,Anda membantu perusahaan dengan membuat kampanye media sosial dan berhasil meningkatkan profile mereka. Maka anda akan memperoleh bayaran atas pekerjaan tersebut.

8. Konsultan SEO

SEO merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis online yang populer. Hal ini dikarenakan semakin ketatnya persaingan di mesin pencari.

Jika anda memiliki keahlian dan berpengalaman membuat situs berperingkat tinggi di google maka banyak perusahaan dan perorangan yang bersedia membayar mahal untuk mendapatkan bantuan anda.

Seorang konsultan SEO yang baik dapat secara drastis dapat mengubah posisi sebuah situs pada mesin pencari sehingga mudah untuk ditemukan.

Posisi situs dalam mesin pencari memiliki pengaruh terhadap jumlah traffic.

9. Usaha Online tanpa modal dengan Dropshiper

Jika anda ingin menjual produk namun tidak memiliki modal besar maka dropship adalah jawabannya. Karena bisnis online ini dapat anda jalankan tanpa modal yang harus dikeluarkan.

Anda tidak perlu membeli produk untuk menjualnya. Anda cukup mempromosikan barang-barang tertentu kepada calon pembeli. Sistem dropship memungkinkan anda menjual produk secara online atau anda dapat menawarkan produk tersebut langsung kepada pembeli.

Keuntungan usaha online dropship adalah tidak memerlukan stok barang . Modal tidak banyak dan juga anda tidak akan direpotkan dengan pengiriman barang.

Walau demikian, dropship juga memiliki kelemahan seperti kualitas barang tidak dapat dikontrol dan keuntungan sedikit dibandingkan dengan menjual produk sendiri.

Cara kerja dropship adalah, jika ada order dari pembeli maka anda akan memberikan informasi kepada pemiliki barang. Kemudian pemilik produk akan mengirimkan kepada pembeli setelah menyelesaikan pembayaran.

Walau usaha online dengan cara dropship tanpa modal, anda harus dapat memilih produk yang tepat dan banyak dicari oleh konsumen.

Untuk menunjang keberhasilan dropship anda maka anda juga harus belajar membuat blog sederhana sebagai wadah untuk penjualan produk dropship. Tapi anda dapat memulainya dengan berpromosi di media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha online dropship maka anda dapat mencari produk dropship di mesin pencari atau forum jual beli.

10. Jasa desain grafis

Berbicara tentang usaha online yang menjanjikan saat ini adalah jasa desain  grafis.  Perkembangan Usaha Jasa desain grafis terbilang cepat dan mengejutkan.

Permintaan layanan desain grafis juga semakin meluas karena dengan desain grafis dapat membantu proses pemasaran produk atau usaha. Dengan sentuhan desain grafis dapat membuat komunikasi bisnis lebih maksimal.

Faktor yang menyebabkan jasa desain grafis berkembang adalah karena  berkembangnya teknologi komputer dan bermunculannya anak muda yang menerjuni dunia bisnis. Dengan tingginya kebutuhan akan jasa desain grafis tentunya ini akan menjadi peluang bagi anda yang memiliki kemampuan dalam bidang ini.

Untuk mempermudah ini  menawarkan jasa desain grafis ini maka anda dapat menawarkannya kepada konsumen secara online.

Selain efektif dan mudah, menawarkan jasa desain grafis hanya memerlukan modal kecil karena anda tidak perlu menyewa ruko, karyawan, dll.

11. Penjualan Foto Online

Pada saat ini kebutuhan akan foto untuk kebutuhan bisnis online sangatlah banyak. Dari kebutuhan foto untuk melengkapi artikel hingga kebutuhan perusahaan besar untuk mempercantik website mereka.

Tapi terkadang mereka tidak memiliki waktu dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Inilah yang membuat mereka membeli stok foto secara online daripada menyewa fotografer profesional.

Permasalahan tersebut menjadi peluang bagi anda untuk memulai melakukan usaha penjualan foto secara online. Anda dapat mengubah hobi anda menjadi penghasilan.

Banyak situs penjualan foto online yang dapat kita gunakan untuk menawarkan stok foto anda. Anda tinggal memajang koleksi stok foto berkualitas anda.

Kemudian pembeli akan memilih dan membeli foto yang diinginkan, dan pemiliki situs akan Memperoleh komisi dari setiap penjualan foto di situs mereka dan tentunya pemilik stok foto. Tentunya ini akan menguntungkan pihak yang terlibat dalam transaksi penjualan ini.

Beberapa situs penyedia foto yang dapat anda gunakan untuk penjualan stok foto anda :

  • Istockphoto.com
  • ShutterStock.com
  • Dreamstime.com
  • Bigstock.com
  • Fotolia.com

12.   Bisnis Penerjemah Online

Jika anda menguasai bahasa asing maka ini dapat anda jadikan sebagai modal untuk memperoleh penghasilan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh penghasilan adalah menjadi penerjemah online atau translator.

Sebagai penerjemah online anda dapat dijalankan waktu dan tempat yang fleksibel. Sehingga pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapapun.

Hal yang pertama yang dituntut dari penerjemah adalah menguasai bahasa asing yang memadai. Karena jika anda kemampuan bahasa asing anda tidak memadai maka akan merusak reputasi anda dimata pelanggan.

Ini akan membuat sulit berkembang dan mendapatkan penghasilan yang memadai. Cara termudah untuk menjadi penerjemah adalah dengan cara bergabung dengan situs penyedia jasa penerjemah secara online.

Pada umumnya situs tersebut akan memberikan pekerjaan kepada peserta yang telah mendaftar sesuai denga keahlian bahasa yang dikuasai. Setiap situs tentunya memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda.

Situs ini akan membantu untuk mempromosikan jasa anda dengan klien yang mencara jasa penerjemah. Ketika anda mendapat klien maka anda akan memperoleh notifikasi mengenai detail pesanan dan deadline.

Jika anda menerimanya maka anda harus mengerjakannya sesuai dengan detail pesanan.

Walau tergolong mudah namun bergabung dengan situs penyedia tetap memiliki kelemahan. Diantaranya kita tidak bisa menentukan tarif job yang kita kerjakan dan terlalu banyak aturan yang harus dipatuhi.

Beberapa situs penyedia jasa penerjemah

  • Onehourtranslation
  • Fiverr
  • Sribulancer

Dan masih banyak lagi situs penyedia penerjemah lainnya yang dapat anda cari di mesin pencari.

Jika anda telah memiliki pengalaman di situs penyedia jasa penerjemah. Sebaiknya anda harus memulai membuat website sendiri sehingga anda dapat leluasa untuk menentukan tarif.

Selain itu juga anda dapat menerapkan aturan sesuai dengan kebutuhan anda.

13. Usaha online yang menguntungkan dengan jadi Youtuber

Peluang usaha online yang cocok dengan anak muda saat ini adalah menjadi Youtuber. Dengan menggunakan Youtube anda dapat memperoleh penghasilan dan juga menjadi terkenal.

Hampir semua kalangan mengupload video mereka kedalam youtube. Dari mulai video kegiatan sehari-hari hingga video yang berkonsep dan digarap dengan serius. Youtube adalah sebuah situs berbagi video gratis yang di miliki oleh Google. Anda dapat membagikan video apapun kemudian menguploadnya di youtube.

Kemudian pihak google menawarkan kerja sama terhadap Youtuber untuk menjadi partner periklanan mereka (adsense).

Ketika youtuber telah menjadi mitra mereka maka video yang telah monetisasi oleh anda maka akan menampilkan iklan. Semakin ramai video anda ditonton maka semakin besar kemungkinan anda memperoleh penghasilan dari iklan adsense.

Selain itu anda akan mendapatkan komisi jika iklan yang tampil di klik oleh pengunjung. Beberapa tips membuat video Youtube yang menarik

  • Membuat video yang menarik untuk ditonton seperti video lucu dan menghibur
  • Menggunakan judul yang mengundang untuk ditonton namun tetap relevan dengan video
  • Selain judul buatlah tag dan deskripsi yang dapat menjelaskan tentang isi video semenarik mungkin
  • Bagikan video anda ke media sosial atau beri tahu teman anda tentang video tersebut

14.  Bimbingan belajar online

Usaha bimbingan belajar atau bimbel online merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Jenis bisnis ini berkembang dengan pesat sejak tahun 2007 karena perkembangan teknologi internet.

Pada saat ini telah bermunculan berbagai usaha bimbel online yang memberikan fasilitas komunikasi dua arah. Dengan menggunakan chat room maka pengajar akan terkoneksi dengan untuk mengajarkan materi.

Bahkan siswa dapat langsung menanyakan permasalahan pelajaran. Dan pengajar juga dapat memberikan soal dan penjelasananya. Sistem Bimbel online memiliki kelebihan yaitu pengajar hanya fokus pada satu siswa.

Hal ini akan memaksimalkan proses pengajaran meskipun secara optimal.  Selain itu siswa dapat memilih jenis pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Potensi bimbingan online memang layak untuk di gali untuk pasar online di Indonesia.

Permasalahan terbesar bisnis online ini adalah belum populer dan orang masih ragu dengan cara ini. Oleh sebab itu anda harus mempromosikan konsep belajar secara online agar maksmal. Anda dapat berpromosi di sosial media, brosur atau langsung mempresentasikan konsep ini.

Tapi hal ini akan menjadi peluang yang besar bagi anda karena di Indonesia Bimbel online masih jarang.

15. Bisnis aplikasi Android

Jika anda memiliki kemampuan untuk di bidang programming atau membuat aplikasi maka bisnis aplikasi android adalah peluang usaha yang tepat untuk anda. Namun jika anda tidak memiliki skill programming masih dapat berbisnis aplikasi android.

Karena  anda dapat membeli templete atau source code aplikasi yang sudah ada kemudian anda hanya memodifikasinya (reskinning). Anda dapat membeli templete atau source code aplikasi ini di Code Canyon di mulai dari harga $20.

Bisnis aplikasi android ini memiliki peluang yang sangat besar karena penggunaan smartphone semakin meningkat dari tahun ketahun.

Berdasarkan dari laporan Spotlight on Consumer App Usage tahun 20117 menyatakan tingginya pengunduhan aplikasi oleh pemilik ponsel android.

Sekitar 17 persen penguna smartphone mengunduh aplikasi baru setiap bulannya. Selain itu, rata-rata penggunaan aplikasi di smartphone sangat tinggi.

Rata-rata waktu pengunaan aplikasi smartphone berkisar 4 jam perhari.

Beberapa jenis aplikasi android :

  • Aplikasi berbayar, Pengguna harus membayar untuk menginstal dan menggunakannya.
  • Aplikasi premium, Pengguna tidak perlu membayar untuk mendownload namun memiliki terbatas. Jika anda ingin memperoleh manfaat lebih aplikasi maka anda harus membayar.
  • Aplikasi In-App Purchase, tipe aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Penghasilan diperoleh dari penjualan item yang ada didalam aplikasi itu sendiri.
  • Aplikasi gratis berbasis iklan, Cara yang sering digunakan oleh pengembang aplikasi kecil.  Penguna dapat mendownload dan menggunakan secara gratis.
  • Aplikasi Hibrida, Aplikasi ini merupakan gabungan antara aplikasi berbayar, premium, in app purchase dan gratis berbasis iklan.

Peluang usaha aplikasi android tergolong masih lebar dan menjanjikan. Namun tantangan terbesar bagi anda adalah membuat aplikasi android semenarik mungkin dan mengikuti tren.

Terakhir…

Anda dapat memulai usaha online dengan memilih salah satu ide bisnis diatas sesuai dengan minat dan keahlian anda.

Sebenarnya masih banyak lagi ide bisnis online lainnya yang dapat anda jalankan.Apakah anda memiliki ide bisnis online lainnya…

Anda dapat membaginya dikolom komentar…

Demikianlah beberapa peluang usaha online yang menguntungkan saat ini.

 

Summary
15 Peluang Usaha Online yang Menguntungkan Saat Ini
Article Name
15 Peluang Usaha Online yang Menguntungkan Saat Ini
Description
Peluang usaha online yang menguntungkan saat ini
Author
Publisher Name
pahlevi dot net
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *