usaha toko bangunan

Tips Memulai Usaha Toko Bangunan Untuk Pemula

Posted on

Usaha toko bangunan atau sering disingkat dengan istilah TB merupakan sudah di kenal sejak lama. Bahkan saat ini usaha toko bangunan masih menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan dengan semakin banyaknya pembangunan perumahan atau properti.

Tentunya untuk pembangunan rumah atau properti ini membutuhkan pasokan berbagai bahan bangunan.

Selain maraknya pembangunan rumah atau properti, banyak juga pemiliki rumah yang melakukan renovasi terhadap rumah milik mereka.

Berdasarkan fakta diatas tentunya membuat peluang usaha toko bangunan masih terbuka sangat lebar baik di daerah pedesaan maupun di perkotaan.

Walaupun demikian untuk mengembangkan usaha toko bangunan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk berbisnis usaha bangunan membutuhkan modal yang sangat besar karena harga-harga bahan bangunan yang sangat mahal.

Sehingga anda harus membuat sebuah perencanaan yang sangat matang. Namun yang menjadi usaha ini begitu di minati adalah karena usaha dapat cepat balik modal karena keuntungan yang dihasilkan lumayan besar.

Baca juga | Cara Memulai Usaha Pakaian Di Rumah Untuk Pemula

Keuntungan usaha toko bangunan

cara memulai usaha toko bangunan

Sebelum kita membahas tentang tips memulai usaha toko bangunan maka sebaiknya kita membahas beberapa keuntungan usaha toko bangunan.

Berikut adalah beberapa keuntungan usaha toko bangunan :

1. Kebutuhan bahan bangunan yang selalu ada.

Rumah atau tempat tinggal adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari manusia. tentunya ini membuat toko bahan bangunan merupakan bisnis yang tidak akan pernah lekang oleh waktu.

2. Bahan bangunan tidak akan mengalami penyusutan

Berbeda dengan jenis usaha yang lain bahan bangunan tidak akan mengalami penyusutan dan juga tidak memiliki keterbatasan waktu.

Material seperti pasir, besi, batu, dll tidak akan mengalami kadaluarsa atau keterbatasan waktu. Tentunya ini merupakan salah satu keuntungan bisnis material karena anda tidak memiliki nilai penyusutan barang.

3. Keuntungan yang diperoleh cukup besar

Walaupun bahan bangunan bukan merupakan kebutuhan sehari-hari tapi bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Oleh sebab itu membuka toko material merupakan hal yang dapat anda pertimbangkan karena memiliki prospek keuntungan yang cukup besar.

4. Tidak memiliki persaingan yang ketat

Salah satu penyebab kompetisi usaha ini tidaklah terlalu besar karena modal yang di butuhkan untuk membuka toko material sangat besar. Tentunya ini membuat tidak semua orang memiliki modal besar sehingga jumlah penjual bahan bangunan terbilang sedikit.

Dengan sedikitnya persaingan tentunya membuka peluang yang besar bagi anda untuk berkembang dan bertahan lama di bandingkan usaha yang banyak pesaing.

Baca juga | Pengertian Usaha Kecil Menengah (UKM) Dan Contoh UKM

Cara memulai usaha bahan bahan bangunan

Banyak orang yang memulai bisnis selalu membayangkan tentang keuntungan yang diperoleh. Sangat jarang orang yang berpikir tentang kesulitan yang akan di hadapi dan cara mengatasi permasalahan yang timbul.

Oleh sebab itu bagi anda yang ingin memulai usaha maka sebaiknya anda benar-benar mempelajari tentang cara menjalankan bisnis dan cara mengatasi permasalahan yang akan timbul.

Dengan dalamnya pengetahuan anda tentang bisnis tersebut maka semakin besar juga kemungkinan usaha anda dapat berkembang.

Bagi anda yang ingin memulai usaha bahan material maka sebaiknya anda mengikuti panduan usaha berikut :

`1. Mencari lokasi usaha yang strategis

Salah satu faktor yang wajib anda perhatikan untuk memulai usaha toko bangunan adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis.

Dengan memiliki lokasi usaha yang mudah akses akan menunjang keberhasilan toko bangunan anda. Oleh sebab itu pilihlah usaha yang berada di tempat yang ramai, pinggir jalan raya atau di daerah sentra usaha bahan bangunan.

Keuntungan dari lokasi usaha yang berada di sentra toko material akan membantu perkembangan usaha anda karena konsumen dapat dengan mudah untuk menemukan toko anda.

Biasanya konsumen akan mempertimbangkan untuk datang ke toko anda karena barang yang dicari tidak terdapat di toko bangunan lainnya.

Jika lokasi usaha anda berada di pinggir jalan maka hal yang harus diperhatikan adalah kelengkapan bahan bangunan yang di miliki.

Dengan menyediakan bahan bangunan yang lengkap tentunya akan menjadi pertimbangan konsumen untuk berbelanja ke toko anda karena konsumen cukup berbelanja di satu toko.

2. Menyediakan fasilitas lahan parkir yang memadai

Selain memperhatikan lokasi usaha yang strategis, toko bangunan anda juga harus tersedia lahan parkir yang memadai.

Banyak sekali saya temui toko bangunan yang tidak memiliki lahan parkir yang tidak memadai sehingga konsumen berpikir dua kali untuk berbelanja di toko tersebut.

Oleh sebab itu anda juga harus memperhatikan dan menyediakan lahan parkir yang memadai sehingga komsumen dapat memarkir kendaraan dengan leluasa.

3. Menawarkan harga barang yang bersaing

Pada saat ini banyak pebisnis hanya memikirkan margin keuntungan yang besar sehingga menawarkan produk mereka dengan harga yang tinggi. Namun hal ini justru dapat menghambat perkembangan usaha anda.

Jika anda dapat menawarkan harga barang yang sedikit lebih murah di banding toko lain maka ini dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli di toko anda.

Oleh sebab itu dengan perhatian terhadap harga barang yang anda jual dapat menjadi kunci kesuksesan anda untuk memenangkan persaingan.

4. Mencari supplier bahan bangunan yang tepat

Salah satu cara cepat untuk mengembangkan usaha toko bangunan anda adalah dengan mencari supplier yang tepat.

Dengan berkerja sama dengan suppluer maka anda memiliki kemudahan soal pembayaran. Karena biasanya beberapa supplier memberikan kemudahan bagi anda untuk proses pembayaran.

Supplier akan memberikan tempo kepada anda untuk melakukan pembayaran dengan jangka waktu tertentu. Dengan demikian modal yang anda miliki dapat digunakan untuk mengembangkan usaha anda.

Walau demikian adan harus tetap memeprhatikan keamanan pembayaran dengan membuat surat perjanjian sehingga tidak ada pihak yang di rugikan.

Baiknya anda memiliki beberapa suplier sehingga anda dapat memperoleh barang yang murah dan dapat melengkapi barang-barang di toko anda.

5. Memperhatikan pelayanan terhadap pelanggan

Pelayanan konsumen merupakan hal berikutnya yang harus anda perhatikan untuk menunjang kesuksesan usaha anda.

Ketika anda memiliki karyawan maka anda harus mengingatkan kepada meraka untuk melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Hal ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan bisnis material anda.

Coba anda perhatikan beberapa toko yang ramai di lingkungan anda. sudah dapat dipastikan toko tersebut memilki pelayanan yang ramah sehingga konsumen mereka merasa nyaman dan puas saat berbelanja.

Banyak cara untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan anda seperti selalu tersenyum. Memberi sapaan yang ramah atau memberikan harga yang sewajarnya.

Selain itu pelanggan sangat menyukai penjual yang jujur. Oleh sebaiknya anda tidak berbohong tentang kualitas barang, harga, dll.

Jangan sampai mereka menemukan produk yang anda jual berkualitas rendah dan juga memilki selisih harga yang jauh di bandingkan dengan toko lainnya.

6. Melakukan promosi dengan tepat

Melakukan promosi dengan tepat dan sesuai denga target pasar yang anda bidik tentunya akan membantu perkembangan usaha anda. Promosi usaha toko anda sangat di butuhkan untuk memperkenalkan usaha anda kepada masyarakat luas.

Dengan di kenalnya usaha anda maka masyarakat akan mengetahui keberadaan usaha anda sehingga ketika mereka membutuhkan bahan bangunan mereka tahu harus ke mana.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan promosi di antaranya dengan cara memasang iklan di media cetak ataupun melakukan promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram, Google Adword. Dll.

Selain itu anda dapat memasang pamflet di daerah strategis untuk memperkenalkan toko material yang anda miliki.

Baca juga | Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis Dan Menguntungkan

Kesimpulan

memulai usaha toko bangunan

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan manusia di Indonesia baik dari segi jumlah penduduk dan juga perekonomian menyebabkan perkembangan pembangunan yang ikut tumbuh pesat.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pengusaha atau pelaku bisnis terutama usaha toko bangunan.

Walaupun demikian untuk membuka toko bangunanyang sukses untuk pemula bukanlah hal yang mudah. Bahkan banyak pemula yang khawatir untuk memulai toko bangunan karena tidak mengetahui cara untuk memulainya.

Beberapa poin tips diatas dapat anda jadikan sebagai panduan untuk memulai untuk membuka usaha toko bangunan.

Demikianlah beberapa tips memulai usaha toko bangunanuntuk pemula.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *